Study Banding

Study Banding SMPN 3 Krian ke SMP Alam Al-Izzah

untuk Mewujudkan Pembelajaran Berbasis Proyek

Setiap sekolah memiliki program unggulan masing-masing sesuai dengan visi dan misi yang telah dirumuskan oleh sekolah tersebut. Untuk dapat terus berkembang mengikuti perkembangan pendidikan yang mengarah pada PKH (Pendidikan Ketrampilan Hidup), SMPN 3 Krian terus berbenah dan memaksimalkan potensi yang ada di sekitarnya baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya. SMPN 3 Krian memiliki lahan dan sumber daya alam yang potensial dan cukup luas untuk dapat menerapkan PjBL (Project Based Learning). Untuk mendukung hal tersebut ketua komite, kepala sekolah dan beberapa guru SMPN 3 Krian melaksanakan kunjungan study banding ke SMP Alam Al-Izzah Krian-Sidoarjo.

Pertama kali berkunjung ke Sekolah Alam Al-Izzah, Bapak Ibu guru SMPN 3 Krian disambut ramah oleh Ustadz – ustadzah SMP Alam Al-Izzah. Pembukaan study banding dilaksanakan di Aula Masjid Al-Izzah pada hari Sabtu, 17 April 2021 pukul 09.00 WIB. Sambutan disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPN 3 Krian Ibu Heri Wahyu Rejeki, M.Pd dan Kepala SMP Alam Al-Izzah Ustadzah Mirza Nuriavani, S.Si. Setelah sambutan, dilanjutkan penyampaian materi oleh Ustadz Mafhul Hadi, S.Pd selaku kepala Green Lab yang menjelaskan mengenai program-program yang diterapkan di SMP Alam Al-Izzah.

Sekolah Alam Al-Izzah adalah sekolah formal yang menggunakan kurikulum sekolah alam sebagai kurikulum utama dan dipadukan dengan kurikulum diknas dalam proses pembelajaran siswanya. Metode belajar yang diterapkan adalah PjBL (Project Based Learning). Kegiatan belajar yang diaplikasikan dalam proyek ini dapat mendorong siswa untuk mencari solusi dan menelaah lebih mendalam mengenai suatu permasalahan, sehingga siswa lebih kritis dan kreatif dalam berpikir maupun bertindak. Hal ini juga dapat menantang siswa untuk melakukan suatu proyek dari awal hingga akhir, melalui tahapan-tahapan yang terstruktur dengan didampingi fasilitator hingga dapat menghasilkan karya. Karya tersebut dapat berupa karya seni, produk bahan mentah, produk olahan, dan lain-lain.

Bapak Ibu guru SMPN 3 Krian dalam kunjungan ini juga melakukan observasi lapangan di sekitar Sekolah Alam Al-Izzah. Proyek yang telah diaplikasikan di sekolah ini bermacam-macam, meliputi bercocok tanam, hidroponik, berkebun, peternakan, perikanan, serta pengolahan kompos padat dan cair. Diharapkan setelah kunjungan study banding ini, SMPN 3 Krian dapat mewujudkan pembelajaran bebasis proyek dan membekali peserta didik mengenai pendidikan ketrampilan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalender SMPN 3 Krian